Bahaya Dan Komplikasi Luka Dekubitus

Dekubitus adalah kerusakan/kematian kulit sampai jaringan dibawah kulit, bahkan menembus otot sampai mengenai tulang akibat adanya penekanan pada suatu area secara terus menerus sehingga mengakibatkan gangguan sirkulasi darah setempat.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai bahaya dan komplikasi penyakit luka dekubitus dan cara mengobatinya. Luka dekubitus terjadi disebabkan oleh aliran darah terputus lebih dari 2-3 jam, maka kulit akan mati, yang dimulai pada lapisan kulit paling atas (epidermis).

Penyebab dari berkurangnya aliran darah ke kulit adalah tekanan. Jika tekanan menyebabkan terputusnya aliran darah, maka kulit yang mengalami kekurangan oksigen pada mulanya akan tampak merah dan meradang lalu membentuk luka terbuka (ulkus). Gerakan yang normal akan mengurangi tekanan sehingga darah akan terus mengalir. Kulit juga memiliki lapisan lemak yang berfungsi sebagai bantalan pelindung terhadap tekanan dari luar.

Resiko tinggi terjadinya ulkus dekubitus ditemukan pada:

  • Orang-orang yang tidak dapat bergerak (misalnya lumpuh, sangat lemah, dipasung)
  • Orang-orang yang tidak mampu merasakan nyeri, karena nyeri merupakan suatu tanda yang secara normal mendorong seseorang untuk bergerak. Kerusakan saraf (misalnya akibat cedera, stroke, diabetes) dan koma bisa menyebabkan berkurangnya kemampuan untuk merasakan nyeri.
  • Orang-orang yang mengalami kekurangan gizi (malnutrisi) tidak memiliki lapisan lemak sebagai pelindung dan kulitnya tidak mengalami pemulihan sempurna karena kekurangan zat-zat gizi yang penting.
    Karena itu penderita malnutrisi juga memiliki resiko tinggi menderita ulkus dekubitus.
  • Gesekan dan kerusakan lainnya pada lapisan kulit paling luar bisa menyebabkan terbentuknya ulkus. Baju yang terlalu besar atau terlalu kecil, kerutan pada seprei atau sepatu yang bergesekan dengan kulit bisa menyebabkan cedera pada kulit. Pemaparan oleh kelembaban dalam jangka panjang (karena berkeringat, air kemih atau tinja) bisa merusak permukaan kulit dan memungkinkan terbentuknya ulkus.

Bahaya Dan Komplikasi Luka Dekubitus

  • Sepsis. Sepsis terjadi ketika bakteri memasuki aliran darah melalui kulit rusak dan menyebar ke seluruh tubuh. Ini adalah, kondisi yang mengancam jiwa kemajuan pesat yang dapat menyebabkan kegagalan organ.
  • Selulitis. Selulitis adalah infeksi kulit dan jaringan lunak yang terhubung. Hal ini dapat menyebabkan sakit parah, kemerahan dan pembengkakan. Orang dengan kerusakan saraf sering tidak merasa sakit dengan kondisi ini. Selulitis dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa.
  • Infeksi tulang dan sendi. Infeksi dari luka tekanan dapat menggali ke dalam sendi dan tulang. infeksi sendi (septic arthritis) dapat merusak tulang rawan dan jaringan. infeksi tulang (osteomielitis) dapat mengurangi fungsi sendi dan anggota badan. Infeksi tersebut dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa.
  • Kanker. Komplikasi lain adalah pengembangan dari jenis karsinoma sel skuamosa yang berkembang di kronis, nonhealing luka (ulkus Marjolin). Kanker jenis ini adalah agresif dan biasanya membutuhkan pembedahan.

Untuk mengobatinya bisa anda klik dan kunjungi di Salep Untuk Luka Dekubitus.

Artikel Yang Mungkin Anda Cari Lainnya :

Bahaya Dan Komplikasi Luka Dekubitus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Supporter of Content Protector FantasticPlugins.com