Apakah Bahaya Pemakaian Headset Bagi Telinga Dan Otak

Apakah Bahaya Pemakaian Headset Bagi Telinga Dan Otak

musik

Apakah Bahaya Pemakaian Headset Bagi Telinga Dan Otak – Menurut bebrapa sumber terpercaya memang penggunaan headset dapat memberikan efek yang negatif pada penggunanya jika keseringan kita menggunaknnya.

Bahaya Apa saja yang akan terjadi pada kita jika penggunaan headset terlalu sering ?

Beberapa bahaya yang akan terjadi seperti :

Itulah beberapa dampak negatif dari bahaya menggunakan headseat terlalu sering.

Apakah ada solusi  yang tepat ??

Salah satu solusi yang tepat dalam mencegah itu semua, yaitu menghindari pemakaian headset yang terlalu lama, perhatikan tingkat volume, tidak boleh terlalu keras, menggunakan earphone atau headset ini sesuai kebutuhan saja, jangan berlebih. Mengenai tingkat suara, suara tingkat ringan untuk dewasa berada antara 25 hingga 40 desibel, sedangkan anak-anak 20 hingga 40 desibel. Bertingkat semakin tinggi hingga suara terberat berkualitas 90 desibel atau lebih yang masih dapat didengar.

Sejumlah peneliti menganjurkan semua perangkat suara yang menggunakan headset atau earphone untuk tidak melebihi batas 100 desibel. Mengingat suara yang ada di luar headset (suara mesin mobil, disel atau pemotong rumput) juga bisa berpengaruh pada pendengaran manusia.

Berdasarkan penelitian, efek penggunaan earphone atau headset yang berlebih ini memang tidak akan langsung terasa. Kerusakan akibat penggunaan headset atau earphone yang berlebihan ini akan muncul secara perlahan, biasanya efek akan mulai terasa di usia 20-an. Di usia itu, si penderita akan mulai kehilangan pendengarannya.

Sebelum semuanya terlambat mari kita hindari penggunaan headseat yang berlebihan agar kita bisa terhindar dari beberapa bahaya di atas.

Apakah Bahaya Pemakaian Headset Bagi Telinga Dan Otak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Supporter of Content Protector FantasticPlugins.com