Tanaman Obat Cacar Air Pada Anak

Tanaman Obat Herbal Cacar Air Pada Anak

Tanaman Obat Herbal Cacar Air Pada Anak

Cacar Air atau Varicella simplex adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Penyakit ini disebarkan secara aerogen. Aerogen itu sendiri merupakan istilah untuk terjadinya penyebaran suatu penyakit lewat perantara udara. Beberapa virus menggunakan sarana ini untuk menempati inang baru. Influenza, Cacar air bahkan SARS atau Severe Acute Respiratory Syndromme menggunakan cara ini.

Cacar Air disebabkan oleh virus varisela zoster dimana kemunculan virus ini ditandai dengan adanya ruam pada kulit dan ruam tersebut akan berubah menjadi bintik bintik merah serta berisi cairan yang terasa gatal.

Ketika sang buah hati anda memiliki gejala seperti diatas maka periksakanlah anak anda secepatnya kerumah sakit atau puskesmas terdekat, untuk penanganan lebih lanjut mengenai gejalanya. Jika dokter mendiagnosa anak anda mengidap penyakit cacar air anda tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan tentang tanaman yang dapat mengobati penyakit cacar air pada anak.

Komplikasi Pada Anak

Penyakit cacar air pada dasarnya akan kering dengan sendirinya selama 7 sampai 14 hari dan menjadi koreng bintik-bintik hitam pada kulit, namun kami sangat menghawatirkan jika cacar air yang tidak dibantu dengan obat herbal atau obat medis akan berdampak pada kesehatannya seperti terjadinya komplikasi seperti :

  • Radang Pankreas ( pankreaitis ).
  • Radang Ginjal ( glomerulonefritis ).
  • Peradangan pada Sendi ( arthritis ).
  • Peradangan pada otot jantung ( miokarditis ).
  • Usus buntu.
  • Sindrome reye ( Kondisi dimana otak dan hati bermasalah ).
  • Peradangan pada testis ( Orkitis ).
  • Peradangan pada bagian mata.

Itulah komplikasi yang bisa saja terjadi pada anak anda.

Komplikasi Pada Orang Dewasa Dan Ibu Hamil

Adapun cacar air juga dapat terjadi pada orang dewasa, Ibu hamil dengan beberapa komplikasi yang terjadi seperti :

Kondisi pengidap cacar air dewasa cenderung lebih parah. Pengidap cacar air dewasa memiliki risiko lebih tinggi untuk dirawat di rumah sakit. Masalah paru-paru, misalnya pneumonia, merupakan salah satu komplikasi yang dapat terjadi. Merokok juga dapat mempertinggi risiko komplikasi pada paru-paru.

Ibu hamil yang terkena cacar air juga lebih berisiko mengalami komplikasi. Jika mengidap cacar air pada tujuh bulan pertama kehamilan, bayi dalam kandungan berisiko terlahir dengan berat badan rendah atau bahkan mengalami sindrom varisela kongenital. Sindrom ini dapat menyebabkan komplikasi serius pada bayi, antara katarak, luka pada kulit, atau kerusakan pada otak serta tangan atau kaki yang pendek.

Penularan cacar air ke bayi juga bisa terjadi ketika sang ibu terinfeksi satu minggu sebelum atau sesudah melahirkan. Jika ini terjadi, bayi yang baru lahir akan berisiko terkena cacar air yang lebih parah.

Itulah beberapa komplikasi yang terjadi jika cacar air tidak diobati, oleh karena itu cacar air harus segera diobati dengan tepat agar penyebaran cacar air tidak semakin meluas. Berikut tanaman yang dapat mempercepat mengobati penyakit cacar air pada anak.

Tanaman Obat Herbal Cacar Air Pada Anak Yang Mudah Didapat

Tanaman Obat Herbal Cacar Air Pada AnakTanaman obat herbal yang pertama.

Jagung Muda

Jagung muda merupakan tanaman obat herbal yang dipercaya sejak nenek mmoyang kita sebagai obat herbal cacar air karena jagung muda ini memiliki kandungan Kandungan air, karbohidrat, dan vitamin E nya yang tinggi sangat baik untuk melumpuhkan rasa panas dan gatal di kulit akibat ruam-ruam pada kulit.

Caranya yaitu cuci terlebih dahulu jagung muda yang Anda dapatkan. Setelah itu parut, lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena cacar air. Cara pengobatan ini bisa Anda lakukan secara rutin, dimulai dari tahap pengobatan, penyembuhan, hingga menghilangkan bekas cacar air.

Tanaman Obat Herbal Cacar Air Pada AnakKacang Hijau

Tanaman obat herbal selanjutnya adalah “Kacang Hijau”. Kandungan antioksidan tersebut mambuat kacang hijau mampu untuk merangsang kecepatan regenerasi kulit, sehingga mampu menghilangkan ruam yang  berair dan mempercepat pengobatannya.

Cara mengambil manfaat tersebut adalah dengan merendam kacang hijau didalam air dingin selama 7 jam. Setelah itu, haluskan hasil rendaman kacang hijau tadi dengan cara menumbuknya. Setelah halus, tambahkan sedikit air untuk membuat teksturnya menjadi menyerupai cream malam. Langkah selanjutnya adalah mengoleskan kacang hijau yang telah halus tersebut ke bagian kulit yang ada bekas cacarnya

Tanaman Obat Herbal Cacar Air Pada AnakTemulawak

Anda juga bisa memanfaatkan temulawak untuk mengobati cacar air. Caranya yaitu, ambil sebanyak 15 gram kencur, 15 gram asam jawa, dan air sebanyak 600ml. Lalu cuci hingga bersih, dan potong kecil-kecil kencur tadi. Setelah itu, campurkan ketiga bahan tadi dan rebus hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Nah, ramuan tadi bisa Anda minum sebanyak 2-3 kali sehari.

Tanaman Obat Herbal Cacar Air Pada AnakTanaman obat herbal lainnya adalah

Mengkudu.

Siapa yang tak kenal buah yang rasanya terbilang sangat pahit ini? Ya, meskipun buah ini tidak enak tetapi jangan ragukan kemampuannya. Mengkudu merupakan buah yang kaya akan khasiat, termasuk dalam menyembuhkan cacar air. Caranya yaitu, ambil sebanyak 30 gram buah mengkudu matang, cuci bersih, lalu blender hingga halus untuk dijadikan jus. Setelah itu, minum ramuan tersebut secara rutin 2-3 kali sehari.

Tanaman-tanaman tersebut sangat baik untuk pengobatan cacar air dan sangat mudah untuk didapat disekitar lingkungan kita. Untuk informasi menarik lainnya bisa anda kunjungi website kami di Spesialis Obat Herbal

Artikel yang mungkin anda cari lainnya:

Tanaman Obat Herbal Cacar Air Pada Anak

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Supporter of Content Protector FantasticPlugins.com