Teh Penurun Kolesterol

Teh Penurun Kolesterol

Teh Penurun Kolesterol

Teh Penurun KolesterolKolesterol adalah zat yang fungsinya sangat penting bagi tubuh. Sebenarnya zat ini merupakan zat lemak yang dikenal sebagai lipid. Produsen utama zat ini adalah hati, namun lipid juga bisa berasal dari makanan. Kadar lipid yang terlalu tinggi, disebut dengan hiperlipidemia, dapat memengaruhi kondisi kesehatan.

Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh, tapi sebenarnya tanpa asupan kolesterol dari luar pun kebutuhannya sudah terpenuhi dengan baik. Karena 80 persen kolesterol dihasilkan dari dalam tubuh (organ hati) dan 20 persen sisanya dari makanan. Tapi sayangnya banyak orang mengalami kolesterol tinggi gara-gara makanan dan gaya hidupnya. Seseorang dikatakan memiliki kadar kolesterol normal jika ukurannya 160-200 mg sedangkan masuk kondisi berbahaya jika sudah di atas 240 mg karena bisa menyebabkan stroke, kanker, dan penyakit jantung koroner.

Orang yang mengalami kolesterol tinggi kadang tidak menunjukkan gejala khusus. Tapi ada ciri-ciri khusus pada orang yang kena kolesterol tinggi yaitu:

1. Rasa sakit atau pegal di tengkuk kepala bagian belakang.
2. Pegal ini juga sampai ke pundak
3. Kaki bengkak
4. Mudah capai
5. Gampang mengantuk.

Teh Penurun Kolesterol

Yang paling akurat untuk mengetahui apakah orang menderita kolesterol tinggi atau tidak tentu saja dengan tes laboraorium. Jika kadar kolesterol melebihi 240 mg, itu artinya sudah batas peringatan yang harus diturunkan.

Tahukah anda, bahwa Teh hujau (Pro Cleansing tea) memiliki kandungan yang dapat menurunkan kolesterol tinggi, Jika belum mengetahui mari kita simak penelitiannya berikut ini.

Teh Penurun Kolesterol

Penelitian menunjukkan efek menguntungkan teh pada kolesterol dilakukan oleh Joseph Judd bertindak direktur USDA Beltsville Human Nutrition Research Pusat, Maryland, dan rekan-rekannya. Subyek, 8 laki-laki dan 8 perempuan, setuju, untuk jangka waktu 3 minggu pada suatu waktu, untuk makan dan minum hanya apa yang mereka diberikan di laboratorium Beltsville. Diet mereka termasuk 5 cangkir setiap hari dari teh atau plasebo-minuman rasa seperti teh. Ketika lipid darah minum teh subyek diukur, para peneliti menemukan hingga 10% menurunkan LDL, (low density lipoprotein, kolesterol “buruk”). Secara keseluruhan, total kolesterol subyek ‘adalah rata-rata 6% lebih rendah selama 3 minggu mereka minum teh. Dan minum teh hanya menghasilkan penurunan kadar kolesterol LDL, sementara meninggalkan tingkat menguntungkan konstan kolesterol HDL.

Studi kedua dipimpin oleh Dr Iman Hakim di University of Arizona dan Arizona Cancer Center. Dr. Iman Hakim diuji 140 perokok untuk melihat apakah minum teh akan mempengaruhi tingkat mereka bahan kimia yang berhubungan dengan kerusakan DNA. Ini dievaluasi dengan melihat penanda kimia kerusakan DNA dalam sel yang disebut 8-OHdG (8-hidroksi-2′-deoxyguanosine), yang diekskresi dalam urin. (Deoxyguanosine (dG) merupakan konstituen dari DNA dan 8-OHdG diproduksi ketika radikal bebas mengoksidasi dG).

Subyek penelitian diminta untuk makan apa pun yang biasanya mereka makan dan hanya menambahkan teh untuk diet mereka. Selama 4 bulan, para relawan ini minum baik teh hijau, teh hitam atau air. Tim Hakim diuji urin mereka untuk tingkat 8-OHdG.

“Apa yang kami temukan adalah penurunan 25% (dari 8-OHdG) pada kelompok teh hijau,” kata Dr Hakim. Tidak ada perubahan yang terlihat pada orang yang minum teh hitam atau air. “Kami pikir teh hijau, di kelompok kami perokok, dikaitkan dengan pengurangan stres oksidatif” “kata Hakim.

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat apakah menurunkan kadar 8-OHdG, atau penanda lain dari kerusakan DNA, sebenarnya terkait dengan rendahnya risiko kanker, dalam komunitas ilmiah, banyak yang berpikir teh dapat mengurangi risiko kanker karena dimuat dengan phytochemical. Fitokimia menyediakan berbagai macam molekul antioksidan yang menangkal kerusakan yang dilakukan untuk DNA oleh radikal bebas, molekul elektron-lapar diproduksi dalam tubuh oleh sinar matahari, bahan kimia, banyak makanan dan bahkan proses metabolisme dasar hidup. Ketika radikal bebas bereaksi dengan dan mencuri elektron dari DNA, kerusakan yang dihasilkan ke template genetik sel dapat mengganggu aktivitas sel normal dan mungkin menyebabkan kanker.

Nah itulah penelitian teh baik untuk kesehatan dan menurunkan kolesterol tinggi.

Posted By ; Spesialis Obat Herbal

Teh Penurun Kolesterol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Supporter of Content Protector FantasticPlugins.com